Proses Sosialisasi hingga Implementasi, ITDRI Lalui untuk Dukung Kemandirian Teknologi Indonesia
8 October 2021 | 680 views
8 October 2021
680 views

Mengingat Indonesia menempati peringkat ke-56 dalam World Digital Competitiveness Ranking oleh Institute for Management Development (IMD) yang mengukur kesiapan dan daya saing digital dari 63 negara, ITDRI memiliki visi yaitu memastikan kesiapan Indonesia menghadapi persaingan teknologi dan globalisasi yang tidak bisa dihindari melalui pembentukan budaya inovasi, penguasaan sains, teknologi (riset dan inovasi), dan talenta digital global yang mampu menangkap peluang di lapangan kerja, ekonomi bernilai tambah, serta transformasi ekonomi. Dengan begitu, ITDRI memiliki misi-misinya untuk mencapai visi yang sudah disusun.

Misi-misi ITDRI di antaranya adalah mempercepat transformasi operasional dan ekosistem bisnis. Hal ini dilakukan melalui kolaborasi dan kemitraan bisnis yang memadai dalam menghadapi persaingan digital dalam kancah global. Selain itu juga berdampak pada sosial dan ekonomi. Kemudian, mempercepat penggunaan teknologi digital secara efektif ke dalam bisnis dengan tepat waktu. Diharapkan hal tersebut akan menghasilkan nilai tambah yang signifikan. Selanjutnya, meningkatkan dan mengembangkan talenta digital, baik yang bekerja maupun yang terlibat dengan BUMN. Seluruh kegiatan ITDRI mengacu pada misinya yaitu mendorong terciptanya inovasi yang berbasis riset dan pengembangan digital talent. ITDRI juga berkolaborasi dengan berbagai lembaga akademis, bisnis (termasuk klaster-klaster BUMN), komunitas, pemeritahan, dan penyedia teknologi (technology provider) yang disebut dengan Pentahelix.

Melalui misi-misi tersebut, perjalanan ITDRI dimulai dengan mengadakan Townhall yang diikuti oleh internal TelkomGroup untuk memperkenalkan ITDRI itu sendiri. Di sana juga dijelaskan apa saja yang akan dilakukan oleh ITDRI dan juga menggalang dukungan serta kolaborasi dari seluruh elemen di TelkomGroup. Setelah itu, ITDRI mulai menyelami seluruh BUMN di Indonesia untuk membantu mempercepat proses transformasi digital. Lebih dari itu, ITDRI juga membuka pintu kolaborasi untuk seluruh BUMN agar dapat bersama-sama mencapai kemandirian teknologi di Indonesia. Setelah itu, ITDRI memasuki proses implementasi di mana semua pihak sudah aware dan percaya bahwa ITDRI mampu melakukan integrasi di tiga bidang yaitu learning, innovation, dan research, serta menghasilkan inovasi Go-to-Market  yang didukung oleh research. 

(Riri)