Digital Learning Institute 2021 Gali Definisi Digital Talent
7 June 2022 | 497 views
7 June 2022
497 views

Mengarungi perjalanan learning di Digital Learning Institute (DLI) 2021, tentu memberikan pengetahuan dan juga pengalaman baru bagi peserta mulai dari pengetahuan terkait digital hingga cara menanamkan cara pikir digital bagi setiap pesertanya. Pada sisi lain, para peserta DLI 2021 juga jadi memahami makna dari digital talent itu sendiri. Secara singkat, digital talent merupakan talent yang bukan hanya mengetahui tentang digital tetapi juga dapat memanfaatkannya. Seorang digital talent tidak akan diberdaya oleh teknologi digital, melainkan yang akan memberdaya teknologi digital. Tiga orang peserta DLI 2021 yang berasal dari tiga BUMN berbeda turut menyampaikan definisinya terkait digital talent., Selasa (7/6).

dapun pertama ialah Chandra Bagus Sulistyo dari PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Chandra menyampaikan bahwa digital talent adalah Insan Hi Movers yang mempunyai keinginan kuat untuk peningkatan kapabilitas, berbakat, sadar, dan lincah dengan teknologi digital untuk perbaikan kualitas.

Kemudian, ada pendapat dari Hermawan Irca Wirdani Sinaga dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang menyampaikan bahwa ia begitu mendukung program digitalisasi terhadap seluruh aspek bisnis perusahaan. Menurut Hermawan, digitalisasi harus dipandang dari kaca mata makro dan mikro terhadap waktu dan tempat suatu industri berada. Hermawan menyimpulkan bahwa digital talent merupakan SDM yang memiliki kaca mata multi-aspek terhadap industri dan dapat memanfaatkan, merencanakan, dan mengembangkan aset digital secara optimum.

Terakhir yaitu Widya Lestiyani dari PT PLN (Persero), Widya menyampaikan bahwa digital talent pada sebuah korporasi dapat dikatakan sebagai karyawan yang dengan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Widya juga mengatakan bahwa digital talent berperan sebagai sumber daya penggerak kemajuan perusahaan, sehingga dapat bersaing di era disruptif saat ini. Menariknya, Widya memiliki jargon untuk digital talent yaitu “Hey DIGTA (Digital Talent), Let’s be Digital Transformation Agent!”.

Adanya pendapat tersebut menjadi selaras dengan tujuan DLI yang ingin meningkatkan kapabilitas dan cara pikir digital setiap insan BUMN untuk menjadi digital talent Indonesia. ITDRI pun menjadi lebih bergairah untuk terus menghadirkan program-program yang dapat mendukung pengembangan digital talent dan mengakselerasi transformasi digital Indonesia. (Riri/red01)

Indeks: Products