Tim Project Efisiensi Energi Telkom CorpU Tuntaskan Kick Off Meeting di Empat Lokasi Aset Telkom
26 March 2024 | 38 views
26 March 2024
38 views

Telkom Corpu terus berkomitmen dalam menghasilkan produk dan layanan Learning, Research dan Innovation yang memberikan dampak bisnis yang signifikan dan menjadi solusi utama bagi Telkom Group. Hal ini didukung dengan berhasilnya Tim Project Efisiensi Energi Telkom CorpU dalam menggelar kick-off meeting di empat lokasi aset Telkom. Tim Efisiensi Energi pun melakukan road show kick-off meeting tersebut yang diawali di GMP Jakarta pada 27 Februari 2024.

Kegiatan dilanjutkan ke Graha Telkom BSD yang merupakan markas Witel Tangerang pada 28 Februari 2024. Beralih ke Kota Bandung untuk lokasi GMP Japati pada 6 Maret 2024 dan dipuncaki di TCUC pada 19 Maret 2024.

Project Manager Proyek Efisiensi Energi, M Al-Furqon selalu menyampaikan instruksi SGM TCUC, Subhan Iswahyudi bahwa target efisiensi harus dipasang setinggi mungkin.

“Jangan terpaku pada target aman atau target yang pasti tercapai. Pasanglah target yang posisinya bisa saja di luar kemampuan kita,” ujar Subhan sebelumnya.

Instruksi itu yang kini tertanam di benak tiap anggota Tim Efisiensi Energi saat mulai menjalani berbagai tahapan di proyek ini. Saat ini, tahapan pertama, yaitu Site Survey di empat lokasi telah dijalani. Dalam dua pekan ke depan, tahapan berikutnya, yaitu implementasi perangkat otomasi pun dikerjakan.

“Ada beberapa kalkulasi saat kami menjalani Site Survey dan itu didasarkan pada metodologi yang komprehensif,” ujar I Ketut Agung Enriko, SM Research and Innovation, selaku penanggungjawab teknis Proyek Efisiensi Energi.

Dengan demikian pada akhirnya, pengendalian konsumsi daya listrik bisa sepenuhnya dilakukan oleh pengelola gedung yang tentunya dengan menerapkan pemanfaatn platform Internet of Things (IoT).

Melalui Proyek Efisiensi Energi ini akan menghasilkan rekomendasi regulasi pemakaian konsumsi daya listrik di satu gedung dan juga rekomendasi regulasinya. Pasalnya, situasi dan kondisi di tiap gedung berbeda satu sama lain meski tujuannya sama, yaitu mengefisienkan konsumsi listrik. (Tifani/red01)