Telkom-ITDRI Yakini B2B Talent Telkom Regional Pimpin Transformasi
16 March 2023 | 967 views
16 March 2023
967 views

Bertransformasi menjadi bisnis B2B dibutuhkan bekal materi dan binaan mental yang mumpuni. Melihat transformasi TelkomGroup saat ini, Telkom-ITDRI meyakini B2B talent Telkom Regional dapat menghadapinya dengan menyiapkan suatu learning journey yang dinamis selaras dengan kebutuhan individu dan perusahaan. SGM Telkom CorpU-Chairman of ITDRI, Jemy V Confido hadir dan membuka Bootcamp Amoeba for B2B Regional & Account Management Team (AfRAM) TReg 2 di Theater of Win Digital (14/3).

Jemy meyakini bahwa seluruh B2B talent dapat menjadi lebih mahir sebagai individu dan dapat menjalani bisnis B2B dengan lebih baik. Jemy juga menyampaikan bahwa nantinya peserta akan menemukan banyak hal baru yang bisa menjadi pembelajaran.

“Pada bisnis B2B kita tidak bisa langsung memperkirakan apa yang diinginkan oleh customer. Kalau di B2C kita melakukan telling atau menceritakan dan lebih direct, tapi kalo di bisnis B2B kita perlu melakukan resale assessment untuk memahami lebih dulu customer, situasinya seperti apa. Lalu, kita bikin account profile, jadi kita tahu bisnisnya apa, keunggulan apa, masalahnya apa, sumber dayanya apa, strateginya mau kemana, kita pelajari. Setelah itu, kita mappingkan ke account profile tadi agar ada gambaran terkait customer. Proses pelanggan dalam mengadopsi layanan yang kita tawarkan bisa jadi tidak sekaligus. Maka itu harus menyusun account plan,” ujar Jemy.

Account profile dan account plan yang akurat yaitu berdasarkan pain problem pelanggan. Salah satu cara untuk menemukenali pain problem yaitu dengan membuka diri untuk berinovasi bersama pelanggan. Bisnis B2B mengajak pelanggan untuk dapat menyadari pain problem yang dihadapi dan mensolusikannya melalui proses inovasi, sehingga pelanggan menjadi yakin atas apa yang dilakukan ke depan.

Melihat hal tersebut dibutuhkan proses transformasi yang panjang, ITDRI mengambil langkah agar setiap B2B talent TelkomGroup dapat menghasilkan karya yang besar dan sepadan dengan upaya yang dilakukan. Lebih lanjut, hasilnya juga dapat bermanfaat bagi internal dan eksternal TelkomGroup.