Telkom CorpU-ITDRI Kenalkan Wujud Adopsi Teknologi Digital kepada Siswa SMK Al-Amanah
15 June 2023 | 277 views
15 June 2023
277 views

Dunia Industri dan Teknologi adalah hal yang sudah tidak dapat dipisahkan di era transformasi ini. Kebutuhan akan keterampilan dalam bidang teknologi begitu penting bagi generasi muda,termasuk para remaja di ranah SMK sebagai bekal untuk terjun ke dunia pekerjaan. SMK Al-Amanah Bandung melakukan kunjungan ke Telkom CorpU-ITDRI untuk menggali insight terkait cara mengadopsi teknologi digital pada Selasa (13/6).

Kunjungan diikuti 80 siswa beserta kepala sekolah dan staff guru. Peserta kunjungan diajak berkeliling di Innovation Center (InnoCent) untuk bisa melihat dan merasakan langsung wujud adopsi teknologi digital yang dilakukan oleh digital talent Telkom CorpU-ITDRI.

Inovasi yang dikemas dalam bentuk Interplay (Interaction Play) di InnoCent, memudahkan para peserta untuk bisa mengenali produknya. Adapun Interplay yang mereka coba langsung yaitu 7 dalam lingkup Innovation (BigBox, BagiData, Smarteye.id, Omni Communication Assistant, Digital Transformation Lab, Ideabox, High Speed Internet), 4 dalam lingkup Research (Smart Farming, Yakes Healthcare Corner, Smart City Nusantara, INLLET), dan 4 dalam lingkup Learning (Sprinthink, Podcast, myDigiLearn, Smart Home +).

Capability Analyst PentaHelix Academy, Aan Priyatna turut hadir dan memberikan materi terkait perjalanan Telkom CorpU-ITDRI yang berfokus pada pengembangan talenta melalui Learning, Research, and Innovation.

Kepala SMK Al-Amanah Rizal Alamsyah mengaku takjub saat menyempatkan waktunya untuk mencoba teknologi yang dilayankan dalam gedung innovation center.

“Kita memasuki innovation center,disana terdapat informasi yang dapat diterima/diserap oleh kita. Dari mulai masuk, lalu diakses menggunakan barcode. Lalu kita dapat mengecek status kesehatan disana. Karena ada beberap produk yang dikembangkan oleh Telkom kurang lebih ada 5 perwakilan yang sudah mengecek kesehatan,” ujar Rizal.

Rizal berharap teknologi yang diproduksi oleh Telkom perlu dikembangkan untuk memotivasi bagi generasi muda lainnya.

“Ternyata ada banyak sekali yang perlu kita kembangkan untuk berinovasi dan terus menjadi motivasi untuk menambah tumbuh kembangnya teknologi. Mudah-mudahan dapat diaplikasikan ke sekolah lainnya," tambah Rizal.

Adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi para siswa sebagai generasi penerus bangsa untuk terus berkarya, khususnya demi mendorong nilai inovasi Indonesia melalui adopsi teknologi digital.