Telkom CorpU Gelar HCIA Big Data Training bersama Huawei untuk Insan Telkom
22 June 2023 | 233 views
22 June 2023
233 views

Telkom CorpU menjadi tempat reskilling dan upskilling Insan Telkom untuk bisa menjalankan transformasi perusahaan. Demi mewujudkan hal tersebut, Telkom CorpU meghadirkan Expert yang mumpuni dan program-program unggulan, serta didukung dengan memperluas jaringan kemitraannya. Melanjutkan perjalanan kolaborasinya, tahun 2023 Telkom CorpU bersama Huawei gelar pelatihan dan sertifikasi Big Data bagi karyawan TelkomGroup yaitu Huawei Certified ICT Associate (HCIA). Program kolaborasi ini digelar untuk meningkatkan skill dibutuhkan dalam hal Big Data Pre-Sales, Big Data Project Management, dan Big Data Development, Senin (19/6). Program ini berlangsung dari tanggal 19 - 23 Juni di kantor Huawei, Menara Mulya 2 Jakarta.

Program bertujuan untuk membantu peserta melakukan query (permintaan informasi) pernyataan HQL umum pada Hive (sistem gudang data), melakukan penyimpanan dan pengambilan data pada Elasticsearch, memahami dan menerapkan pemrosesan data real-time menggunakan Flink, serta mengembangkan aplikasi komprehensif pada skenario khas.

SGM Telkom CorpU Jemy V Confido menyampaikan bahwa program kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan talenta dan skillnya di bidang big data. Jemy berharap para peserta dapat mengikuti dan memanfaatkan program ini dengan efektif.

“Kita harus menyiapkan talenta-talenta agar siap membawa Indonesia, khususnya TelkomGroup bertransformasi. HCIA merupakan salah satu wujud nyata kolaborasi Telkom CorpU dalam mengembangkan talenta dan membangun ekosistem digital melalui aktivasi kolaborasi Penta-Helix. Diharapkan peserta dapat mengimplementasikan hasil dari pelatihan ini di pekerjaan sehari-hari,” ujar Jemy.

Manager Analytics Platform Operation, Andhi Rahman turut hadir dan memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan ini.

“Terima kasih, kepada Huawei dan CorpU yant telah memfasilitasi Pelatihan sekaligus Sertifikasi Big Data HCIA ini, saya harap para peserta dapat lulus sertifikasinya dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk dapat diimplementasikan di Telkom Grup dan dipekerjaannya sekembalinya dari pelatihan dan sertifikasi ini,” ujar Andhi.

Adapun Insan Telkom yang mengikuti sertifikasi ini berasal dari FU-DB, NITS, CFU-E (Telkom Sigma) dengan jumlah peserta 24 orang. Peserta yang mengikuti program ini dianjurkan untuk memiliki pengetahuan dasar terkait teknologi jaringan, mengenal dasar-dasar Big Data, dan mengenal operasi dasar pada sistem operasi Linux agar dapat mengikuti pelatihan dengan efektif.

Setelah training selama satu minggu, selanjutnya peserta akan mengikuti sertifikasi Big Data. Kegiatan ini menjadi wujud nyata dari kolaborasi Telkom CorpU-ITDRI bersama Huawei dalam lingkup Learning, Research, and Innovation. Diharapkan para peserta memiliki skill teraktual sesuai dengan industri saat ini yang bisa diimplementasikan di pekerjaan.