Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Gali Insight Kembangkan Talenta ke Telkom CorpU
21 June 2023 | 363 views
21 June 2023
363 views

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan kunjungan ke Telkom CorpU di Gedung Cacuk Telkom CorpU Bandung, Selasa (20/6).

Kunjungannya kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan dalam hal talent development. BPKP percaya bahwa Telkom CorpU berhasil menjadi Corporate University yang mengembangkan talentanya sesuai dengan kebutuhan industry dan perusahaan.

Capability Analyst Pentahelix Government, Harwisnu Pamungkas menyampaikan pengembangan SDM tidak hanya tentang belajar namun juga mencakup aspek pengelolaan inovasi dan riset.

“Pengembangan SDM TelkomGroup adalah disini kampusnya, dan Telkom CorpU ini adalah salah satu pengembangan SDM yang tidak hanya berfokus pada learning tetapi kita juga sudah menaikan standar kita untuk mencakup tiga hal yaitu learning sebagai pokok utama kita, kemudian kita sudah masuk ke bagaimana kita mengelola inovasi, dan satu lagi kita juga masuk ke riset,” ujar Wisnu.

Pada benchmark tersebut, Wisnu menjelaskan berbagai aspek pengembangan SDM, termasuk pengelolaan pengetahuan dan pengembangan talenta. Lebih lanjut beberapa Expert Telkom CorpU juga menyampaikan materi terkait talent development, program suspim, dan lainnya.

Koordinator Perencanaan, Pengembangan, dan Penilaian Kompetensi BPKP Mohamad Ahlal Firdaus turut menjelaskan tujuan kunjungannya kali ini adalah untuk menggali insight baru dari Telkom CorpU. Ahlal mengatakan bahwa E-Learning membutuhkan knowledge skill bagi para pegawai dengan kemampuan yang berbeda-beda untuk mengasah kemampuan dalam menganalisis data secara makro.

“Jadi pegawai kita sudah harus bisa membaca data makro yang selama ini ada di Bank Indonesia dan di instansi lainnya. Sehingga kami harus memaksimalkan pengembangannya untuk menyiapkan hal itu. Salah satunya kami harus konsultasi dengan pihak Telkom bagaimana cara mengembangkan SDMnya sehingga dapat berkembang ke E-Learning menuju inovasi,” papar Ahlal.

Ahlal percaya bahwa dengan adanya e-learning dapat mengembangkan kualitas pembelajaran. Beliau juga berharap peserta benchmark kali ini dapat menyerap ilmu yang diberikan. Melalui kegiatan tersebut, Telkom CorpU diharapkan dapat terus berbagi ilmu kepada organisasi lain, khususnya bagi yang ingin mengembangkan talentanya melalui proses Learning, Research, and Innovation yang terintegrasi.