Telkom CorpU Bantu Penghematan Aset Telkom melalui Riset Efisiensi Energi
7 February 2024 | 375 views
7 February 2024
375 views

Telkom CorpU sebagai Capability Enabler bagi TelkomGroup menjadi Corporate University pertama di dunia yang mengintegrasikan Learning, Research, dan Innovation untuk mengembangkan talenta yang menghasilkan inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan dalam aspek riset yaitu menggelar Closing Project Fase 1 Riset Efisiensi Energi di Kantor Witel Jakarta Selatan, Senin (5/2).

Kegiatan dihadiri Senior General Manager Telkom CorpU, M. Subhan Iswahyudi, Senior Manager RIM, I Ketut Enriko dan Manajer Innovation Operations, Sri Kuntadi.

Riset Efisiensi Energi merupakan turunan teknis dari Gerakan Peduli Efisiensi Energi (GePEE) yang sebelumnya dicanangkan oleh Direktur NITS Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko. Pada tahun ini, Riset Efisiensi Energi menjadi salah satu kategori riset unggulan Telkom CorpU yang memiliki tujuan akhir untuk bisa diimplementasikan di seluruh asset milik Telkom.

Bukan tanpa alasan, REE hadir setelah melihat keprihatinan pemimpin Telkom saat mendapati tagihan Listrik yang hampir mencapai Rp500 Miliar per Tahun, sehingga hasil dari Riset Efisiensi Energi begitu diharapkan sehingg dapat membuat Telkom menghemat hingga Rp50 Miliar dari tagihan listrik per tahunnya atau 10% dari tagihan saat ini.

“Arahan dari Dewan Komisaris, buatlah riset sederhana tapi berdampak signifikan. Salah satunya Riset Efisiensi Energi ini,” ujar Subhan.

Tahap pertama Riset Efisiensi Energi digelar di lingkungan Witel Jakarta Selatan yang sekaligus dijadikan laboratorium riset ini. Hingga Desember 2023 terjadi penurunan daya sebesar empat persen dibanding pemakaian pada bulan yang sama di tahun sebelumnya. Begitu juga pada Januari 2024, terjadi penurunan delapan persen dibanding pemakaian yang sama di tahun sebelumnya.

“Terkait Riset Efisiensi Energi, rekan-rekan harus berani bersikap out of the box ya. Jika target realistisnya penghematan Rp50 miliar, maka buatlah sampai Rp100 miliar," papar Subhan.

Segenap tim terkait Riset Efisiensi Energi selanjutnya akan kembali berjibaku di Fase 2 demi tercapainya penghematan tagihan Listrik di seluruh asset Telkom. Pada kesempatan tersebut, Subhan juga menyampaikan bahwa salah satu tugas utama Telkom CorpU adalah melakukan orkestrasi untuk semua riset di Telkom. Adanya riset diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi Telkom dan Indonesia.