Perkuat Talenta Digital, Telkom Berikan Executive Training
18 November 2022 | 1006 views
18 November 2022
1006 views

Penguatan talenta sangat diperlukan dalam mendorong transformasi digital yang saat ini sedang berlangsung di Indonesia. Memiliki visi yang selaras dalam mengembangkan digital talent, PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom) melalui ITDRI (Indonesia Telecommunication & Research Institute) berkolaborasi dengan Huawei dengan memberikan workshop untuk digital talent yang ada di Telkom. Workshop ini diselenggarakan selama 3 hari, dari mulai 17-19 November 2022, dengan memberikan executive training untuk para senior leader di Telkom yang berkaitan dengan konektivitas di masa depan. Sebagai salah satu perusahaan teknologi, Huawei telah bekerja sama dengan banyak provider Telekomunikasi di berbagai negara, salah satunya PCCW Hongkong Telecomm (HKT), dengan menghadirkan narasumber yaitu Michael Chiu Chung Yue dan Kam Shing Fung sebagai VP & AVP Engineering Operations, Resources Management & Transformation PCCW HKT. 

“Kehadiran Hongkong Telecomm memberikan sharing tentang konektivitas yang terintegrasi dari mulai bagaimana konektivitas tersebut di set up  hingga bisa diterima pelanggan menjadi hal yang bagus sehingga kita bisa mencontoh implementasi nya di Indonesia yang sedang membangun konektivitas tersebut”, Pontjo Suharwono, kepala proyek bisnis transformasi digital connectivity Telkom Group mengomentari sesi workshop di Slipi, Jakarta Barat, 17 November 2022. Beliau dan beberapa peserta lainnya meyakini bahwa pembelajaran dari kegiatan ini sangat dapat diimplementasikan dalam mempersiapkan satu dari lima strategi besar Telkom Group. 

Digital connectivity, yang dicirikan dengan integrasi layanan, akan membawa dampak penting pada perbaikan pengalaman pelanggan atau customer experience. Hal tersebut dibuktikan oleh PCCW yang sudah mengimplementasikan hal tersebut sejak 2006, hingga kemudian dapat mengintegrasikan produk nya ke pelanggan dalam bentuk “Quad Play’,  yang merupakan penggabungan 4 layanan yaitu Telepon, Internet, Seluler dan Digital TV yang dapat dinikmati lebih mudah. Sebelumnya, masyarakat Hongkong memiliki tagihan terpisah antara telepon rumah dan internet, bahkan berbeda provider untuk seluler dan televisi. Dengan konektivitas yang sudah terbangun, pelanggan bisa dengan mudah membayar 4 layanan sekaligus sehingga menjamin sisi dari customer experience dan bisnis yang sustainable.

“Membangun konektivitas masa depan yang terintegrasi merupakan inisiatif yang sangat penting bagi strategi transformasi TelkomGroup, sehingga kita harus menyiapkan segala sesuatunya termasuk paradigma, pemahaman dan kompetensi yang dibutuhkan untuk mendukung kesuksesannya. Harapan nya tidak berhenti di hari ini saja namun akan terus bergulir mendatangkan para ahli & narasumber untuk mendukung proses transformasi ini”, Ucap Jemy V Confido, Chairman of ITDRI memberikan opening speech pada sesi workshop.. Beliau percaya dengan diadakannya kegiatan ini, dapat memberikan insight yang lebih luas terkait penerapan maupun pembangunan konektivitas terintegrasi di Indonesia khusus nya untuk mendukung penerapan lima strategi besar Telkom Group. 

Kolaborasi antara Telkom-ITDRI dan Huawei tidak terjadi begitu saja, kolaborasi keduanya sudah terjalin sejak tahun 2021 dengan bereksperimentasi dalam kurikulum 5G dan Data Science, serta menggelar beberapa program learning dalam bentuk webinar. Di tahun 2022 hingga 2023 mendatang keduanya akan menyelenggarakan 4 program joint learning dengan topik; Digital Connectivity, Big Data Certification, IP Network & Cloud Data Center (CDC) yang akan dikemas dalam bentuk workshop serta menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang nya.

Yuk saksikan keseruan dari Executive Training ini dengan meng-klik gambar di bawah!

Selain berkolaborasi dengan Huawei, Telkom-ITDRI sudah banyak melakukan kolaborasi bersama partner lain dalam lingkup Learning, Research & Innovation. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap silahkan kunjungi itdri.id

Indeks: Partners