Pentingnya Profiling Media Sosial Calon Talent Bagi Perusahaan
19 July 2022 | 816 views
19 July 2022
816 views

Melalui proses Learning, Research, and Innovation terintegrasi dan didukung oleh jaringan kemitraan Penta-Helix, ITDRI berupaya untuk mencetak digital talent berstandar global yang bisa berinovasi secara mandiri. Dengan tercetaknya digital talent tersebut, maka dapat membantu Indonesia dalam mencapai kemandirian teknologi, meningkatkan nilai inovasi, serta membangun ekosistem digital. Salah satu inovasi digital hasil karya digital talent ITDRI yaitu BagiData. Inovasi digital tersebut berfungsi untuk mengelola gambaran lengkap perilaku dan potensi kandidat serta karyawan dari media sosial. Nantinya, data tersebut dapat dimanfaatkan HR Management untuk melengkapi data internal serta mematangkan dalam mengambil keputusan, Selasa (19/7).

BagiData memiliki tiga layanan yang disediakan sendiri, yaitu:

  1. Candidate Profiling

Mengenal potensi kandidat secara detail melalui analisa perilaku dalam media sosial

  1. Employee Profiling

Mengumpulkan informasi dan evaluasi perilaku karyawan dalam media sosial Talent Development Analytics

  1. Talent Development Analytics

Mengenali kemampuan karyawan berbasis digital untuk menempatkan ke dalam lingkup kerja yang tepat.

Profiling media sosial calon talent bagi perusahaan diakui penting oleh beberapa client BagiData. Salah satunya menurut Sonia Simanjuntak selaku Recruitment Analyst di Astra Credit Companies dengan melakukan profiling terhadap media sosial calon talent, maka akan membantu perusahaan menilai karakter calon talent tersebut.

"Membantu mengidentifikasi sejak awal indikasi negativitas dari kandidat yang akan direkrut," papar Sonia Simanjuntak, Recruitment Analyst at Astra Credit Companies.

Hadirnya solusi yang diberikan BagiData, diharapkan dapat memudahkan perusahaan yang ingin menyeleksi karyawan dengan cepat karena aplikasi BagiData melakukan pengumpulan data akun secara digital. Tak sampai di situ, berangkat dengan bisnis permission based profiling, BagiData ini berniat membangun kesadaran masyarakat bahwa data pribadi itu penting dan harus dilindungi. (Riri/Red01)

Indeks: Products