ITDRI Gelar International Research Forum untuk Digitalisasi Pertanian di Indonesia
8 March 2023 | 327 views
8 March 2023
327 views

ITDRI menggelar International Research Forum bertajuk Construction Support to Enhance Data Utilization for Improving Farming Service Platform di Gedung Harmonize Hall Ruang InEx Room, Telkom Corporate University Center, Bandung, Rabu (8/2). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sektor pertanian di tengah era transformasi digital.

Dalam hal ini, ITDRI berkolaborasi dengan Japan Ministry of Agricultural, Forestry, and Fishery (MAFF); Japan Telecommunications Engineering and Consulting Service (JTEC); dan Terrace Mile, Inc. (Japan’s Data Analytics) serta didukung juga oleh AGREE terkait data-driven farming. Forum tersebut menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman dan keberhasilan para petani di Jepang dalam pemanfaatan data pertanian yang berpotensi untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas sektor tani. Lebih lanjut, diharapkan melalui forum ini terbangun diskusi antar stakeholder terkait potensi bisnis untuk diseminasi dan memulai pelayanan berbasis data pada pertanian Indonesia.

Secara keseluruhan, project ini akan berkolaborasi dengan empat kelompok tani yang berada di Cianjur, Sukabumi, dan Kabupaten Bandung Barat sebagai tempat piloting project untuk meningkatkan penggunaan data pada pertanian berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).