Innovation Center Miliki Maskot Gambarkan Hipster, Hacker, dan Hustler
12 June 2023 | 515 views
12 June 2023
515 views

Setelah melakukan riset mendalam, Telkom CorpU-ITDRI memilih untuk menggunakan ciri khas dari Indonesia dalam pembuatan Maskot Innovation Center (InnoCent). Ciri khas tersebut diyakini dapat memberi motivasi kepada khalayak muda Indonesia untuk berinovasi dengan kualitas daya saing internasional. Dengan begitu, kehadiran InnoCent dapat menjadi tempat menginspirasi untuk berkarya bagi seluruh pengunjungnya, Senin (12/6).

Karakter yang digunakan mengambil dari unsur keunikan Indonesia berupa hewan/satwa, senjata tradisional daerah, dan batik untuk dijadikan referensi dalam pembuatan original karakter atau maskotnya yang berjumlah tiga karakter yang merepresentasikan hipster,hacker, dan hustler. Masing-masing karakter memiliki ciri khas dan referensi yang berbeda-beda.

Adapun pertama ada karakter Hipster yang berfungsi sebagai branding dan memberikan inovasi baru terhadap semua khalayak. Karakter ini merupakan ikon sebagai “pengajar” yang dipercaya dapat menyebarkan pengetahuan secara luas. Hipster terinspirasi dari Hewan Cendrawasih yang memiliki tampilan menarik,Batik Paqulu Kauna yang memiliki makna ilmu pengetahuan yang tidak terbatas dan Senjata Dohong dari Kalimantan Tengah yang dilambangkan sebagai kepemimpinan yang cekatan.

Lalu ada karakter Hacker yang berfungsi sebagai sumber kecanggihan teknologi dan juga digambarkan sebagai CTO (Chief Technology Officer). Karakter Hacker dapat melakukan riset yang luas dan mendalam. Karakter hacker terinspirasi dari Hewan Pesut Mahakam sebagai simbol kepribadiannya yang ramah,pemikiran yang cerdas, serta keahliannya yang mendalam, Batik Mahkota Siger sebagai simbol kerja keras, ketekunan, dan kualitas feminisme dan senjata Kujang dari Jawa Barat yang bentukannya mirip seperti Pesut Mahakam.

Terakhir ada Hustler yang digambarkan sebagai visi dan misi perusahaan. Hustler disimbolkan sebagai karakter “fighter” yang berfungsi sebagai pelindung bagi talentanya untuk memperkuat pertahanannya dalam bertarung.

Hustler diambil dari Hewan Komodo yaitu hewan endemik Indonesia yang agresif,berani dan kuat. Batik Parang Rusak dari Solo yang disimbolkan sebagai kuatnya pertalian persaudaraan dan senjata tradisional Kandik dari Bali yang disimbolkan sebagai penumpas kejahatan dan pembela kebenaran.