Idea Box Membawa Budaya Baru Yang Melahirkan Para Inovator Dengan Ide Segar Dari Para Karyawan
19 May 2022 | 532 views
19 May 2022
532 views

Bergerak dalam bidang digital, Telkom harus terus bisa memberikan inspirasi kepada para insannya untuk tetap berinovasi. Dengan hadirnya suatu platform crowdsourcing idea dari ITDRI yaitu Idea Box yang bisa digunakan untuk mengelola seluruh ide-ide inovasi agar dapat ditindaklanjuti secara efektif dan sistematis. Selain itu, IdeaBox juga digunakan untuk mengeksplorasi potensial bisnis baru dan mengembangkan strategi bisnis. 

Tidak hanya untuk memudahkan Insan Telkom dalam mengembangkan ide inovasi, Idea Box pun merupakan bentuk sebuah komitmen dari perusahaan dalam menjawab tantangan industri digital dan akselerasi ekosistem digital Indonesia. ITDRI melalui Telkom sendiri pun sudah menggunakan Idea Box untuk berbagai program yaitu, BIMA, IDT dan rencananya akan digunakan untuk program terbarunya yaitu NU Hackathon, juga program MIX dari Mandiri.

Dengan kehadirannya, Idea Box membawa fitur-fitur unik yang tersedia sebagai berikut:

1. Idea Bank

Fitur ini akan menampung seluruh ide dalam satu wadah terpusat, tanpa batas! Ide apapun yang dapat memberikan dampak besar untuk perusahaan dapat di-submit ke fitur ini. 

2. Team Matchmaking

Ingin berkolaborasi untuk mengembangkan ide yang dimiliki? Di Team Matchmaking, para Inovator bisa mengajukan diri untuk berkolaborasi dalam mengembangkan ide inovasinya lho! 

3. Real Time Insight       

Seluruh report secara real time dapat ditemukan di fitur real time insight. Jadi, Kita dapat melihat data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan di fitur ini ya! 

4. Event Management

Challenge pasti menjadi suatu hal yang sangat disenangi oleh para ideator agar dapat berkembang lebih jauh dan fitur event management akan membantu para ideator untuk terus berkembang dengan menyediakan event dan challenge yang berbeda. 

 

Ada juga beberapa fitur favorit yang dipunyai Idea Box ialah:

1. Pemilihan Role

Kita bisa memilih Role sesuai dengan keinginan kita sendiri. Kita bisa menjadi Ideator (pembuat ide), Innovator (penggerak ide) atau Expert (memiliki keahlian tertentu).

2. Most Productive Ideator

User yang sudah mensubmit ide paling banyak akan diapresiasi untuk menginspirasi rekan yang lainnya lho! 

3. Most Liked idea

Laman ini akan menunjukan 5 ide dengan jumlah like terbanyak. Fitur ini dapat menginspirasi User lainnya untuk membuat ide yang solutif dan juga  fresh.

4. Trending Topic of The Week

Bagian ini akan menampilkan User dengan jumlah like terbanyak. Pada fitur ini, user tersebut akan tampil selama satu minggu sebelum nantinya terpilih user dengan like terbanyak lainnya.

 

Dengan fitur-fitur di atas, Idea Box kini berhasil menjadi single platform sebagai media sosial inovasi bagi Karyawan Telkom dan melahirkan budaya untuk dapat menuangkan ide inovatif  serta terus menjalin kolaborasi antar rekan untuk mengembangkannya.

Melihat keberhasilan dalam pengumpulan ide di internal Telkom, Idea Box akhirnya dipercaya oleh perusahaan lain sebagai platform crowdsourcing idea mereka. Perusahan yang telah mempercayai Idea Box antara lain ITDRI yang menggunakan IdeaBox untuk program BIMA dan Narasi untuk program IDT. Tentunya selain fitur-fitur di atas, masih banyak fitur canggih dan unik lainnya! 

Indeks: Products