Dukung Kemajuan Riset dan Transformasi Digital, ITDRI Gandeng BRIN dan Kemen Setneg RI di ITDRI Festival 2021
22 December 2021 | 143 views
22 December 2021
143 views

Pada rangkaian Pentahelix Network: Co-Actionize (Collaboration, Action, and Make it Happen), selain memperdalam tentang pencetakan digital talent, ITDRI menghadirkan dua sesi talkshow yang disiarkan secara virtual pada kanal ITDRI Festival Press Conference Hall yang dapat diakses melalui tautan https://fest.itdri.id/. Dua sesi tersebut mengupas terkait riset di hari ini dan masa depan, serta terkait upaya pemerintah dalam bertransformasi digital.

Di sesi pertama, ITDRI bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai salah satu kolaborasi mitra yang mendukung jaringan riset di Indonesia menggelar talkshow bertema “Future of Indonesia Research”.  menghadirkan pembicara Plt Direktur Pengembangan Kompetensi BRIN, Sudi Ariyanto untuk menyampaikan insights mengenai masa depan riset & teknologi Indonesia untuk menuju generasi emas 2045. Melalui talkshow sesi pertama tersebut, beliau juga menyuguhkan berbagai paparan materi mulai dari pilar pembangunan Indonesia, ekosistem riset dan inovasi, tantangan, target, solusi, serta kontribusi BRIN untuk mendukung kemajuan teknologi riset Indonesia di masa depan.

Selanjutnya pada sesi kedua, talkshow Pentahelix Network: Co-Actionize yang dilakukan bersama Kementerian Sekretariat Negara RI (Setneg) mengusung tema “Government Towards Digital Transformation” dimana Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Kementerian Sekretariat Negara RI, Gogor Oko Nurharyoko menjadi pembicaranya. Beliau menceritakan sebuah proses transformasi yang mengedepankan penerapan teknologi informasi dan digital dari sudut pandang pemerintahan. Lebih dari itu, Gogor menyampaikan terkait pentingnya penerapan transformasi digital di lingkungan pemerintah yang merupakan sebuah keniscayaan. Beliau juga mengingatkan bahwa dalam menghadapi tantangan transformasi digital itu harus inisiatif dan harus siap membangun ekosistem inovasi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjadikan Indonesia lebih maju secara digital.

Kedua talkshow pada rangkaian acara Pentahelix Network Co-Actionize bertujuan untuk mewujudkan kemandirian teknologi Indonesia, meningkatkan inovasi indeks, dan mengurangi gap digital talent yang disokong oleh tiga pilar utama ITDRI yaitu learning, research, dan innovation. Selain itu, diharapkan juga acara ini menjadi ajang bagi ITDRI untuk dapat memberikan pencerahan dan pemahaman terkait riset di Indonesia dan mendorong kesiapan audience dalam menghadapi tantangan transformasi digital di hari ini juga masa depan.

(Riri)

Indeks: Partners