Diskominfo Kendal Benchmark ke Telkom CorpU untuk Mewujudkan Smart City dan Inovasi IoT
15 May 2024 | 213 views
15 May 2024
213 views

Telkom CorpU memiliki metode terbaik dalam mengembangkan talenta dan inovasi, sehingga sering dipercaya menjadi tempat untuk belajar bagi instansi lainnya. Diskominfo Kabupaten Kendal turut berkunjung ke Telkom CorpU dalam rangka mengembangkan Smart City di daerah Kabupaten Kendal, Rabu (15/5).

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memperkuat kolaborasi antara Telkom dan Diskominfo Kendal, serta memberikan apresiasi atas komitmen Kabupaten Kendal dalam mewujudkan Smart City. Sri Kuntadi selaku Acting as Deputy Telkom Corpu memaparkan tiga domain utama transformasi digital yang diperkenalkan oleh Telkom Corpu yaitu konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital. Ketiga domain ini merupakan pilar penting dalam pengembangan Smart City.

Ardi Prasetyo selaku Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal kemudian menguraikan perjalanan Kabupaten Kendal dalam mengimplementasikan konsep Smart City sejak 2018. Berkat kerjasama dengan Telkom, Kabupaten Kendal telah menyusun rencana jangka panjang selama 5-10 tahun untuk memastikan semua lapisan masyarakat dapat menikmati layanan publik berbasis digital yang mudah diakses. Pemerintah Kabupaten Kendal juga secara rutin melakukan evaluasi tahunan untuk menjamin agar setiap kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik.

Dalam acara tersebut, Telkom Corpu juga membagikan lima use case berbasis Internet of Things (IoT) yang telah dikembangkan untuk mendukung Smart City. Lima solusi inovatif tersebut adalah:

  • Waste Management: Memantau dan mengatur pengelolaan sampah secara digital di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), mencegah penumpukan berlebih.
  • Smart Public Street Lighting: Mengelola penerangan jalan umum secara digital, memastikan masyarakat mendapatkan layanan penerangan yang optimal.
  • Smart Street Tree Monitoring: Memantau kondisi pohon di jalan umum secara digital untuk mencegah risiko pohon tumbang.
  • Smart Water Management: Memantau dan mengatur distribusi air bersih untuk masyarakat Kabupaten Kendal.
  • Digital Asset Protection: Memantau dan mendeteksi asap dan api untuk mencegah kebakaran di gedung-gedung pemerintah.
  •  

Sesi tanya jawab yang interaktif memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menggali lebih dalam tentang berbagai aspek pengembangan Smart City. Acara ini diakhiri dengan foto bersama dan kunjungan ke gedung Innovation Center, memberikan wawasan mendalam tentang inovasi Telkom Corpu. Semoga kolaborasi antara Telkom dan Diskominfo Kendal terus berlanjut, dan bersama-sama mewujudkan Smart City yang lebih baik! (Riri/red01)