Awali 2022, ITDRI Bersama Partner dari Helix Academy Menerbitkan Research Paper di IEEE Explore
6 January 2022 | 439 views
6 January 2022
439 views

Mengawali tahun 2022, ITDRI mulai menggenjot digitalisasi di berbagai sektor di Indonesia, salah satunya di sektor pedesaan. Bersama Universitas Trunojoyo Madura, University of Dundee UK, serta tim dari Smart Village Nusantara, ITDRI berhasil mengunggah paper kolaborasinya di IEEE Explore. Paper tersebut mengangkat topik terkait Indeks Desa Digital. Topik tersebut diangkat karena melihat transformasi digital yang terjadi saat ini membawa banyak perubahan di masyarakat. Namun, belum banyak penelitian yang berfokus kepada dampak digitalisasi pada level desa. Dengan begitu, penelitian ini mendorong perhatian yang jauh lebih besar terhadap proses pemanfaatan teknologi digital yang nantinya dapat dirasakaan dan dimanfaatkan oleh masyarakat desa.

Hadirnya paper penelitian terkait Indeks Desa Digital, menjadi acuan untuk mendorong pemanfaatan teknologi digital hingga ke level desa. Diharapkan, nantinya pengambil keputusan di jajaran birokrasi Pemerintahan (Pusat dan Daerah) akan memiliki acuan yang jelas dalam menyusun alokasi anggaran. Lebih dari itu, para LSM/NGO penggiat pengembangan masyarakat akan memiliki ukuran yang lebih jelas dalam mendorong kemajuan desa. 

IEEE Explore sendiri merupakan perpustakaan digital yang menyediakan lima juta lebih dokumen pada repositorinya yang luas. Perpustakaan digital tersebut merupakan salah satu koleksi literatur teknik terbesar di dunia dalam bidang teknik, komputer, serta beberapa teknologi yang terkait. IEEE Explore menjadi pilihan bagi para penulis akademis dari berbagai penjuru dunia untuk menerbitkan risetnya. Hal ini agar nantinya hasil riset mereka dapat diakses oleh masyarakat luas yang tertarik terkait teknologi terbaru. Dengan begitu, ITDRI juga memilih untuk berkontribusi menyimpan research paper pada laman IEEE Explore.

Saat ini, paper yang sudah berhasil diunggah di IEEE Explore merupakan bagian pertama dari kolaborasi penelitian antara ITDRI dengan Universitas Trunojoyo Madura, serta berbagai pihak lainnya. Tidak hanya insan Telkomers, masyarakat luas pun dapat mengaksesnya pada halaman berikut

https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9651783/authors#authors

Indeks: Partners