600 Guru Ikuti Pelatihan Digital Mindset & Behaviour Gelaran TCUC-ITDRI Bersama DBS
5 April 2023 | 1409 views
5 April 2023
1409 views

Menjalankan upaya nyata untuk mengakselerasi pencetakan digital talent di Indonesia, TCUC-ITDRI terus memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk berkenalan dengan inovasi digital. Lebih dari itu, melalui kolaborasinya bersama Divisi Digital Business & Services (DBS), TCUC-ITDRI menghadirkan pelatihan Digital Mindset & Behaviour untuk Guru-Guru SMK di seluruh Indonesia, Jumat (31/3).

Kegiatan dimulai sejak Februari 2023 pelatihan ini mendapatkan 600 lebih Guru yang mendaftar. Dengan tiga tahap, para Guru diajak untuk belajar mandiri tentang Digital Mindset & Behaviour melalui platform Pijar; menuangkan ide di IdeaBox dan 10 ide terbaik akan diajak untuk mengunjungi Innovation Center.

Selain mencoba langsung seluruh produk digital yang ada di Innovation Center, guru-guru dari perwakilan kelompok 10 ide terbaik diajak untuk melakukan Design Sprint guna mencari solusi dari masalah-masalah yang dirasakan oleh para tenaga pendidik khususnya di tingkat SMK.

“Ada 600 Guru dari seluruh Indonesia, setelah mengikuti training masuk ke tahap 2 yaitu tahap inovasi submit ide di IdeaBox dengan tidak dibatasi jumlah ide. Dari 600 Guru, terdapat 80 ide yang ter submit dan difilter menjadi 10 ide terbaik dari 12 Guru” jelas Risyad selaku Project Manager dari Pelatihan Digital Mindset & Behaviour.

Kunjungan ini merupakan salah satu hadiah bagi para Guru dengan ide terbaik untuk bisa berdiskusi secara langsung dengan TCUC-ITDRI tentang problem yang dialami oleh tiap SMK yang hadir juga dikenalkan oleh inovasi Telkom.

“Saya merasa bangga sekali bisa mengikuti kegiatan ini, kami dapat ilmu-ilmu baru yang mungkin nanti bisa kami terapkan di sekolah. Untuk kunjungan ini sangat luar biasa sekali, pengalaman pertama bisa mengunjungi pusat inovasinya Telkom dengan berbagai ide inovasi yang diperlihatkan. Kami sangat tergugah untuk mengembangkan inovasi-inovasi di sekolah sehingga kami berharap murid-murid sekolah kami bisa berkunjung kesini dan mendapatkan pengalaman luar biasa di sini,” ujar Ariza Fadly himawan, Guru dari SMK Negeri 1 Sedan.

Dengan kegiatan ini, para Guru dibimbing untuk memulai menanamkan digital mindset & behaviour dan menghadirkan solusi digital bagi tiap tantangan yang dihadapi masing-masing sekolah.

“Kami dari dunia pendidikan merasa bahwa ini lah yang kita cari selama ini. Hal seperti ini yang kita harapkan untuk menjadi bekal pengetahuan buat anak didik kami. Kami berharap seperti yang sudah kini berjalan bahwa memang TelkomGroup pada umumnya satu-satunya BUMN yang sangat peduli dengan dunia pendidikan apalagi sekarang ada ITDRI yang semakin intens untuk membina pendidikan vokasi khususnya SMK, kami berharap untuk terus, terus dan terus membimbing kami sehingga akan menghasilkan lulusan yang benar-benar diharapkan sesuai dengan kebutuhan dunia industri," ujar Hendro Trisantoso dari SMK Pelita Nusantara 1 Semarang.

“Terima kasih atas antusiasnya mengikuti kegiatan ini, selamat menikmati kunjungan di pusat inovasi digital Telkom-ITDRI jadikan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menggali berbagai insight yang bisa diimplementasikan atau dijadikan solusi yang sedang dihadapi oleh SMK saat ini” sebut Dena Gartinda, Manager Sales II DBS.

Dengan metode 10% belajar teori, 20% learning from others, dan 70% experiential learning, TCUC-ITDRI mengintegrasikan Learning dan Innovation agar proses belajar para Guru SMK semakin efektif. Melalui kegiatan ini, TCUC-ITDRI ingin terus berpartisipasi dalam pencetakan 9 juta digital talent di Indonesia tidak hanya dari para siswa/i melainkan dari tenaga pendidik untuk bisa menanamkan mindset digital & behaviour sedini mungkin agar bisa mendukung percepatan digital transformasi Indonesia saat ini dengan maksimal.