Terus Dorong Transformasi dan Optimalisasi BUMN, ITDRI Berkolaborasi dengan Perum PFN melalui ITMLI Gelar Webinar Series Terkait Industri Digital dan Content
11 November 2021 | 413 views
11 November 2021
413 views

Demi mendorong transformasi dan optimalisasi BUMN, Kementerian BUMN memiliki lima agenda prioritas yang diturunkan kepada seluruh BUMN melalui pembentukan kolaborasi fungsi Center of Excellence yang terdiri atas peningkatan nilai ekonomi dan sosial untuk Indonesia, inovasi model bisnis, kepemimpinan teknologi, peningkatan investasi, serta pengembangan talenta. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Indonesia) melalui Telkom Corpu yang memotori Indonesia Telecommunication and Digital Research Institut (ITDRI) bersama Perum Produksi Film Negara (PFN) yang berada di dalam satu klaster yaitu klaster Telekomunikasi dan Media bertujuan untuk memberikan dampak yang lebih besar pada industri digital dan konten. Dalam hal ini, ITDRI  berfokus pada pengembangan digital telekomunikasi dan informasi, sementara Perum PFN berdiri sebagai katalisator industri perfilman dan konten melalui Lembaga financing film.

Dalam mengakselerasikan tugasnya, maka dibentuklah satu organisasi berbasis telekomunikasi dan media dengan nama Indonesia Telecommunication and Media Learning Institute (ITMLI) dan Indonesia Telecommunication and Media Research Institute (ITMRI). Salah satu tugas ITMLI yaitu melakukan sharing knowledge serta menyediakan ruang diskusi dua arah untuk kemajuan industri. Selain membuat mini learning, ITMLI juga menggelar webinar series yang menghadirkan pembicara-pembicara expert dan profesional di bidang nya. ITMLI Webinar Series 2021 merupakan rangkaian program webinar yang menjadi program unggulan ITMLI untuk memperkenalkan keunggulan industri content dan digital Indonesia kepada masyarakat luas, serta meningkatkan peran juga kapabilitas BUMN. Lebih dari itu, ITMLI juga melakukan pengembangan konten pembelajaran terkait uniqueness capabilities masing-masing BUMN seperti IT, Digital, Telecommunication, Communication, Business Film & Content, Content Creation, Film & Content Production, serta tidak tertutup konten-konten pembelajaran yang dapat mendukung terwujudnya keunggulan dan daya saing BUMN. Di era digital, hal ini menjadi penting untuk menjaga ekosistem industri digital & content di Indonesia.

 

“Kreatif ini dimulai dari diri sendiri, jadi kita memilih output kita sehingga menjadi lebih bervariasi. Anda berhak menjadi seorang master, seorang master harus menghasilkan masterpiece. Setiap orang punya chance untuk memenangkan persaingan ini. Bagaimana caranya? Dimulai dari mindset yang menjadi digital mindset, dimana semua hal kita lakukan dengan cara digital. Digital transformation dimulai dari peoplenya bukan teknologinya. Kami ingin dimulai dari individu yang menjadi pusat perubahan di BUMN yang mau dan cepat belajar. Jadikanlah diri anda selangkap lebih maju setiap saat, sehingga akan lebih dihargai dari yang lainnya. Oleh karena itu, saya mengajak kawan-kawan untuk LAJATA Lahirkan Keajaiban dari Tanganmu,” pungkas Asisten Deputy Bidang Teknologi dan Informasi, Imam Bustomi dalam sambutannya di ITMLI Webinar Series Episode 2.

Chairman of ITDRI & Senior General Manager Telkom CorpU turut memberikan semangat di ITMLI Webinar Episode 2. Beliau mengatakan bahwa saat ini kita berada di industri yang sangat menjanjiakna dan tumbuh secara cepat. 

“Content, creativity, digital, media, itu adalah kata-kata yang sering bercampur, berbaur, dan menghasilkan potensi yang luar biasa tidak peduli dengan era pandemic. Maka sangat tepat jika Perum PFN & Telkom Indonesia terus menggali bisnis terkait konten dan digital. Mulai dari talent development, serta inovasi yang ditopang oleh riset, tentu diharapkan dapat mengasilkan produk berbasis ekosistem dengan memanfaatkan teknologi digital. Salah satunya akan kita stimulus melalui ITMLI Webinar Series ini. Harapannya, program-program seperti ini dapat tetap berlanjut agar bisa terus mengawal pertumbuhan industri media, konten, dan digital sehingga bisa memberikan portofolio bisnis yang lebih kuat lagi, serta mencapai terciptanya kemandirian teknologi Indonesia sebagaimana harapan dan aspirasi dari KBUMN,” ujar Jemy.

“Dengan perkembangan teknologi dan peradaban manusia, konten ke depannya menjadi kebutuhan pokok walaupun tidak sekuat pangan. Ini kenyataan yang penting untuk disadari. Sayangnya kita terlambat, oleh karena itu kita perlu segera bergerak cepat untuk bisa menunggangi ombak yang terus bergerak dan membesar. Dari sinilah kehadiran ITMLI maupun ITMRI, komitmen kita semua di BUMN untuk mempersiapkan SDM Inodnesia menjadi profesional bersertifikat, berdegree, dan menjadi pengusaha. Ini sejalan dengan visi transformasi perum PFN yaitu menjadi sebuah perusahan umum milik negara bidang pembiayaan produksi dan perdagangan HKI dalam bentuk film dan konten untuk mengisi pasar domestik dan global. Mari kita bergandeng tangan memajukan dunia kreatif indonesia khususnya di bidang konten dan media indonesia,” tambah Direktur Utama Perum PFN, Judith J. Dipodiputro.

Adapun ITMLI Webinar Series Episode 1 bertajuk Investing in Digital & Creative Industry dengan pembicara Menteri Perdagangan RI 2011-2014, Entrepreneur & Educator, Gita Wirjawan dan Director of Innovation and Entrepreneurship at CIEL SBM ITB, Yulianto Suharto. Kemudian dilanjut dengan Episode 2 yang bertajuk Inspiring Youth : Create The New Opportunity through Digital Media & Content dengan pembicara Content Creator, Raditya Dika dan Creativepreneur, Keenan Pearce. Dalam journeynya, direncanakan bahwa webinar series ini akan terus digelar hingga episode 6. Webinar series ini dapat diakses oleh masyarakat Indonesia melalui platform milik Telkom CorpU yaitu myDigiLearn dan Smarteye Virtual Convention Center. Tak sampai di situ, pelaksanaannya pun difasilitasi oleh Studio VLIC Telkom CorpU. Selain menjadi ajang untuk mengoptimalisasi BUMN, webinar series ini juga menjadi salah satu journey menuju ITDRI Festival yang akan digelar di Desember 2021 mendatang. Tentunya akan hadir juga event-event menarik lainnya hingga Desember nanti.

(Riri)

Indeks: Partners