Telkom Indonesia Dukung Atasi Tantangan Industri melalui Program Kemendikbudristek: SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan
15 December 2022 | 1225 views
15 December 2022
1225 views

Pemenuhan talenta saat ini sangat diperlukan untuk mendorong proses transformasi yang sedang berlangsung di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk menjawab berbagai tantangan industri dalam menemukan talent yang sesuai salah satunya melalui Program SMK Pusat Keunggulan. Program ini menjadi wujud nyata kontribusi PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. melalui Divisi Business Services (DBS) dan Tim Solution Small Medium Enterprise Industry SDA dalam membantu Kemendikbud untuk menyukseskan Program SMK Pusat Keunggulan. Selain itu, program ini juga didukung oleh ITDRI (Indonesia Telecommunication & Research Institute) yang memiliki misi selaras dalam mengembangkan dan mencetak digital talent sekaligus meningkatkan kapabilitas organisasi. Program ini sudah berjalan sejak Juli 2022 hingga sekarang, dengan menggandeng lebih dari 1000 siswa SMK & 300 guru SMK yang ada di Indonesia. Melalui program ini, siswa SMK akan dilatih untuk siap bekerja dan dibekali dengan spesifik skill yang relevan di era digital sehingga lulusan SMK lebih match dengan dunia industri. 

Hal itu dibenarkan oleh salah satu siswa SMKS PGRI 2 Sumedang, Andi Nurdin Syah memberikan tanggapan dari program SMK PK yang memberikan banyak pengalaman dan juga hal baru untuk diimplementasikan ketika nanti nya terjun ke dunia industri. 

“Yang saya sukai dari training ini yaitu metode Design Sprint karena bisa mempelajari cara menangani permasalahan dengan cepat namun tepat juga. Harapan setelah mengikuti program ini saya bisa menerapkan hal yang saya sukai yaitu Design Sprint ketika memasuki dunia kerja”

Pembelajaran ini terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu training, innovation, create project, dan virtual showcase. Pada tahap training, siswa/i SMK difasilitasi oleh myDigiLearn dalam melakukan self learning, lalu melakukan pembelajaran interaktif menggunakan VR tour yang didukung oleh SVCC dan penggunaan tools pengelolaan manajemen proyek yang difasilitasi oleh Tomps. Di tahap Innovation, siswa/i SMK didorong untuk melakukan design thinking yang dapat memantik siswa/i dalam menciptakan sebuah produk atau ide yang difasilitasi oleh Sprinthink. Pada tahap akhir, siswa/i akan menampilkan project showcase ke dalam bentuk metaverse yang berisi VR Tour dari masing-masing SMK, video edukasi, Mock up aplikasi yang dapat dijadikan porftolio untuk nantinya siswa/i bisa terjun ke dunia industri. 

“Semua kegiatan sangat diperlukan dan bermanfaat, bagaimana para siswa dilatih untuk memecahkan sebuah masalah dan lebih kritis. Program ini sebuah proses yang diharapkan mempersiapkan siswa, mencetak, dan mengasah skill di dalam era digitalisasi. Ini juga bermanfaat bagi siswa untuk diimplementasikan dalam kegiatan sekolah ke depannya,” ucap Wakil Kepala Sekolah SMKS PGRI 2 Sumedang, Eri Mulyana mengaku program ini sangat diperlukan dan bermanfaat bagi para siswa dan siswi di sekolah khususnya dalam lingkup pengetahuan digitalisasi. 

Adanya program ini tentu membawa dampak besar bagi SMK di Indonesia karena kolaborasi dari Kemendikbud, Telkom Indonesia melalui DBS, SDA dan ITDRI sama sama memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan industri.

“Mempersiapkan kapasitas dan kapabilitas siswa menjadi tanggung jawab kita bersama, untuk memenangkan persaingan global digital talent yang saat ini menjadi program utama Pemerintah RI” Ujar GM Solution, Delivery & Assurance Telkom Indonesia, Ciput Gatot Agus Saksomo menyampaikan tanggapan nya terkait program SMK yang saat ini sedang berlangsung. GM Logistic Education & Financial Services DBS Telkom Indonesia, Ridwan Misbah menyampaikan hal serupa bahwa dukungan Telkom sudah seharusnya dilakukan sebagai upaya mempertemukan industri dengan kebutuhan talent. 

“Dukungan Telkom Kepada SMK Pusat Keunggulan tahun 2022 merupakan salah satu Milestone dalam implementasi Link & Match antara Telkom sebagai industri  dengan komunitas SMK yang tergabung dalam Kelas Industri Digital Telkom, melalui program mencetak talenta digital dari siswa SMK”.

Harapan nya siswa/i SMK dapat berinovasi dengan menciptakan inovasi yang manfaatnya dirasakan oleh khalayak luas. Sebelum nantinya menciptakan inovasi, khalayak bisa menikmati hasil project siswa/i SMK di event yang akan diselenggarakan ITDRI yaitu ITDRI Conference & Festival 2022 dengan mengusung tema “Future Back: Trouble-free Life Happens” pada tanggal 16 Desember 2022 mendatang dengan mengunjungi icc.itdri.id. Selain berkolaborasi pada program ini, Telkom-ITDRI sudah banyak melakukan kolaborasi bersama partner lain dalam lingkup Learning, Research & Innovation yang hasilnya pun bisa dilihat di ITDRI ConFes atau untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi https://itdri.id/

Indeks: Partners