Squad Uji Kelayakan Teknologi Blockchain, Telkom-ITDRI Gelar Forum Blockchain
1 March 2023 | 373 views
1 March 2023
373 views

Menjalankan misinya dalam mengembangkan talent demi mencapai titik puncak transformasi Telkom melalui inisiatif 5 Bold Moves, Telkom-ITDRI membentuk Squad Uji Kelayakan Teknologi Blockchain. Squad tersebut berupaya untuk melakukan riset pemanfaatan teknologi Blockchain agar menjaga validasi data teknis pelanggan Indihome. Tim Riset ITDRI berupaya untuk menyederhanakan teknologi tersebut dalam sebuah aplikasi bernama Blockchain Peduli Infrastruktur agar mudah diakses. Dengan begitu, dalam rangka menyampaikan hasil data governance council: use case implementasi Blockchain Peduli Infrastruktur yang saat ini sudah berhasil melalui proses riset pembangunan aplikasi prototype Minimum Viable Product (MVP), maka digelar Forum Blockchain secara hybrid mulai 28 Februari - 1 Maret 2023, Selasa (28/2).

Aplikasi Blockchain tersebut dilengkapi dengan penggunaan tracking system (penyimpanan data historis) pada setiap perubahan data port di ODP. Selain itu juga mengimplementasikan sistem Reward dan Punishment bagi petugas jaringan di lapangan.

Reward diberikan kepada petugas jaringan lapangan dengan attitude yang baik dan bertanggung jawab atas pekerjaannya. Sebaliknya, Punishement diberikan kepada petugas jaringan lapangan dengan attitude yang tidak baik dan tidak bertanggung jawab atas pekerjaannya. Adapun dalam membangun aplikasi ini, ITDRI berkolaborasi dengan Data Governance Council, DSO, DIT, FU-NITS, Telkom Akses, dan Witel.

Lebih lanjut akan dilakukan serah terima aplikasi prototype Blockchain Peduli Infrastruktur dari ITDRI kepada Direktorat NITS untuk kemudian dikembangkan. Melalui forum ini, diharapkan menjadi semangat bagi ITDRI agar terus memperkaya proses Learning, Research, and Innovation demi mengakselerasi transformasi TelkomGroup.