Kopkar Sarasawati Telkom CorpU Kembali Gelar RAT Tahun Buku 2021 dan Mengumumkan Wajah Baru dalam Kepengurusan 2022
28 March 2022 | 377 views
28 March 2022
377 views

Demi menilai pertanggungjawaban pengurus, pengawas dan partisipasi anggota dalam tahun buku yang lalu serta menetapkan kebijaksanaan pengurus dalam tahun buku yang akan datang, Kopkar Sarasawati Telkom CorpU kembali gelar RAT Tahun Buku 2021 pada Jum’at, 25 Maret 2022.

Kegiatan ini merujuk pada Pasal 26 ayat 1 dan 2 UU No. 25 Tahun 1992 dan dilaksanakan tepat waktu sesuai ketentuan dalam anggaran dasar Koperasi. Dihadiri oleh peserta secara online maupun offline karena sedang dalam masa pandemi, bukan menjadi halangan dalam suksesnya pelaksanaan kegiatan ini.

SGM Telkom CorpU sekaligus Pembina Koperasi Saraswati, Jemy V Confido; Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung, Iwan Rosmawan turut hadir untuk menyebarkan semangat kepada para pengurus dan peserta di awal acara.

Jemy V Confido selaku Pembina Koperasi Saraswati juga ikut memberi sambutan. Dalam sambutannya, Beliau memberikan ucapan selamat kepada rekan-rekan pengurus Koperasi Saraswati beserta seluruh tim yang telah melalui 1 tahun buku yang dikukuhkan pada kesempatan kali ini. 

Menurutnya, kinerja Koperasi Saraswati tahun buku 2021 cukup menggembirakan dengan pertumbuhan usaha 6% di tengah situasi pandemi covid-19 serta pertumbuhan SHU 14,15%. Namun, Jemy pun menyarankan rekan-rekan agar tidak berbondong-bondong mengambil penuh SHU nya namun menjadikan SHU ini sebagai tambahan simpanan sukarela agar tahun depan SHU nya menjadi semakin besar lagi.

“Tantangan dan peluang yang dihadapi oleh koperasi saraswati pada tahun ini tentunya sangat berat dimana masih terasa dampak dari pandemi covid-19, namun tercipta juga peluang-peluang baru dengan cara pola kerja online dan digital yang semakin berkembang” papar Jemy V Confido. 

Tidak hanya itu, Iwan Rosmawan menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi kepada seluruh pengurus juga jajaran pengawas Kopkar Telkom CorpU Saraswati yang telah berhasil menyelenggarakan RAT secara tepat waktu dalam sambutannya.

“Parameter koperasi yang sehat salah satunya dengan melaksanakan RAT berturut-turut dan seterusnya” pendapatnya.

Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat diikuti secara aktif oleh seluruh peserta juga dapat menjadi kegiatan yang berkualitas. Rapat ini juga diharapkan dapat menghasilkan putusan-putusan yang menjadi bermanfaat bagi perkembangan koperasi.

Iwan juga beranggapan kemajuan koperasi sangat tergantung pada komitmen para anggotanya, komitmen anggota koperasi itu ibarat nadi dari kehidupan koperasi sehingga perlu dijaga agar selalu kuat dan juga konsisten.  Beliau pun mengakhiri sambutannya dengan melantunkan pantun penutup.

Tentunya akan banyak peluang baru yang muncul bagi Koperasi Saraswati di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Selain itu, muncul juga potensi-potensi bisnis baru yang bisa digarap secara optimal untuk meningkatkan pendapatan, keuntungan dan SHU bagi Koperasi Saraswati di tahun-tahun mendatang.

Setelah pemberian sambutan, kegiatan ini pun dilanjutkan dengan pemaparan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Kopkar Saraswati oleh MK Sutrisno. Dilanjutkan dengan pemaparan Laporan Pertanggungjawaban badan Pengurus oleh Syarif Patriana.

Selesainya pemaparan laporan, dilanjutkan dengan pengumuman pergantian kepengurusan Badan Pengawas yang sebelumnya telah melalui beberapa tahap dan mekanisme. Dengan hasil yang terpilih menjadi Badan Pengawas 2022 ialah Poeji Oetamaningsih, Alfa Indriawan dan Joeherdi Muhammad. Selain itu, pengurus tahun periode 2022 ialah Mele K. Sutrisno sebagai Ketua, Sukma Permata sebagai Sekretaris dan Nafisha tenisyafesti sebagai Bendahara. Sesi ini ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Pengesahan RAT Kopkar Saraswati Tahun Buku 2021.


Pada akhir kegiatan ini ditutup dengan pembagian doorprize sekaligus memberi apresiasi kepada pengurus serta anggota Koperasi Saraswati dengan total 30 hadiah serta 3 hadiah utama. (Vicky)