Telkom CorpU Gelar Program Diseminasi 10 Steps Strategic Account Manager
28 October 2024 | 18 views
28 October 2024
18 views

Telkom CorpU telah mendukung pelaksanaan Program Diseminasi 10 Steps Strategic Account Manager Telkom Regional V melalui Live Event MyDigiLearn pada Senin (28/10). Program Diseminasi ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan panduan bagi para peserta mengenai bagaimana strategi efektif dalam proses mengelola akun strategis.

Program Diseminasi ini turut dihadiri oleh Muhammad Subhan Iswahyudi, SGM Telkom CorpU, yang pada kesempatan kali ini berperan sebagai pemateri. Dalam pemateriannya, Subhan memberikan pengantar mengenai sepuluh langkah Account Management. Pada pengantar tersebut, Subhan mengatakan bahwa melalui sepuluh langkah ini, para peserta dapat melihat dan juga memvalidasi apa saja yang diperlukan oleh pelanggan terhadap perusahaan.

Tahapan alternatif yang diberikan oleh Subhan pada proses mengelola akun strategis adalah AFI (Analisis, Formulasi, dan Implementasi/Evaluasi). Menurutnya, petinggi perusahaan seperti direksi yang berhasil menjalankan “10 Steps” ini pada dasarnya sudah memiliki kemampuan untuk menjalankan strategi. Sebab, sepuluh langkah ini merupakan bagian dari cara penyusunan strategi. Pembagian AFI menurut Subhan adalah sebagai berikut:

  1. langkah 1-6 : Analisis, memetakan situasi di market/pelanggan, dari sini diidentifikasi apa yang signifikan yang diperlukan pelanggan
  2. Langkah 7-8 : Formulasi, dilihat apa saja yang diperlukan pelanggan, kemudian dilakukan perencanaan
  3. Langkah 9-10: Implementasi dari perencanaan sekaligus evaluasi penerapannya.

Selain itu, Diatherman Anggen, Principle Expert Telkom CorpU, memaparkan materi lebih dalam lagi mengenai analisis dari sepuluh langkah strategi Account Management. Dalam pemaparan materinya, Diatherman menjelaskan kesepuluh langkah lebih detail lagi beserta dengan penjelasan-penjelasannya.

Selain analisis, terdapat juga sharing session yang dibawakan oleh Sandra Hananto selaku Account Manager Telkom Indonesia yang memegang hubungan dengan Bank Jateng, dan juga Junike Patricia selaku Account Manager Telkom Indonesia yang memegang hubungan dengan Bank BCA. Pada sharing session ini, dipaparkan mengenai contoh nyata bagaimana situasi Account Manager yang menangani pelanggan di lapangan.

Adanya Program Diseminasi Account Manager ini, diharapkan para peserta yang juga beberapa di antaranya adalah Account Manager mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih mendalam mengenai strategi efektif mengenai pengelolaan akun strategis. (Riri/red01)